10 Oleh-oleh Khas Surabaya yang Terkenal dan Murah

3 min read

oleh oleh khas surabaya

Surabaya merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Timur dan sangat menarik untuk dikunjungi. Disini, anda bisa berkeliling kota seharian penuh dan tentu anda tidak akan puas untuk mengelilinginya hanya dalam rentang 1 hari saja karena disini terdapat berbagai destinasi wisata yang patut dikunjungi. Selain itu, setiap destinasi wisata di Surabaya juga memiliki oleh-oleh khas yang wajib anda beli untuk orang-orang yang ada di rumah. Oleh-oleh Khas Surabaya memang memiliki ciri khas tersendiri seperti pada daerah-daerah lain di Indonesia. Anda yang sedang bingung mencari oleh-oleh ketika di Surabaya, berikut akan kami berikan beberapa referensi oleh-oleh yang wajib dibawa pulang dengan harga yang cukup terjangkau.

Oleh-oleh khas Surabaya yang wajib dibawa pulang dengan harga Murah

Kota yang berjuluk kota pahlawan ini memang memiliki banyak oleh-oleh yang tidak boleh ditinggalkan. Selain harganya yang cenderung cukup terjangkau, keunikan yang ada didalamnya pun patut anda perhitungkan sebagai buah tangan untuk keluarga dirumah. Untuk itu, berikut ini beberapa oleh-oleh yang wajib anda bawa pulang ketika berada di Surabaya.

1. Kue lapis Surabaya

Kue lapis Surabaya

Kue lapis khas Surabaya ini memang sudah menjadi salah satu ikon oleh-oleh khas kota pahlawan yang patut anda bawa pulang saat berkunjung di kota tersebut. Kue lapis khas Surabaya ini sendiri memiliki warna kuning dan coklat sehingga terlihat belang kuning-cokelat. Ditengah-tengahnya terdapat selai yang umumnya adalah selai strawbery sebagai perekat. Dengan begitu, rasa dari kue lapis ini sangatlah enak, empuk, serta lembut dimulut. Selain itu, aroma wangi yang muncul saat makan juga membuat kue satu ini diburu oleh banyak wisatawan yang berkunjung ke Surabaya. Meskipun kue ini termasuk kedalam makanan tradisional namun kue lapis adalah kue dengan rasa premium karena didalamnya terdapat bahan yang cukup banyak.

2. Almond Crispy Cheese

Almond Crispy Cheese

Oleh-oleh satu ini memang sesuai dengan namanya dimana memiliki rasa keju dan almon serta renyah saat dimakan. Makanan ini sendiri memiliki banyak varian rasa. Selain rasa original, masih ada varian rasa lainnya seperti Green Tea, Cokelat, strawbery, blueberry, dan durian yang mana semuanya memiliki rasa yang lezat. Dengan bentuk bulat, tipis dan lembut dimulut, rasanya akan sangat cocok ketika dimakan ketika berkumpul bersama keluarga atau dijadikan cemilan sebagai teman ngeteh ataupun ngopi. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jajanan ini adalah almond sebagai bahan wajib, tepung, mentega dan bahan lainnya. Untuk mendapatkan oleh-oleh satu ini, anda hanya perlu membayar sekitar Rp 45.000 setiap kotaknya.

3. Sambal udang bu Rudy

Sambal udang bu Rudy

Anda yang menyukai makanan pedas maka anda wajib mendapatkan oleh-oleh satu ini. Sambal udang ini memang banyak dicari oleh para wisatawan dimana mereka kebanyakan membelinya dalam kemasan yang cukup banyak sekaligus. Sambal ini sendiri memiliki cita rasa yang cukup khas dan tidak ditemukan pada sambal lainnya. Sambal ini sendiri memiliki berbagai cita rasa mulai dari sambal bajak, sambal bawang, hingga sambal udang. Untuk harga sambal ini bisa dibilang sangat terjangkau hanya Rp 25.000 anda bisa mendapatkan satu botol sambal ini. Untuk mendapatkan sambal ini sendiri, anda bisa datang ke Jalan Dharmahusada 140.

4. Siropen Telasih

Siropen Telasih

Oleh-oleh selanjutnya yang wajib dibawa pulang ada Siropen Telasih yang telah berdiri sejak tahun 1923. Dulunya Siroepen Telasih ini dikelola oleh perusahaan Belanda sebelum akhirnya jatuh ke tangan Indonesia. Hal yang menjadikan istimewa pada oleh-oleh yang satu ini adalah pembuatannya yang tidak menggunakan pemanis buatan. Rasa yang ditawarkannya pun cukup beragam mulai dari jeruk, frambozen, vanili, coco pandan, mawar, leci, papermint, dan karamel. Harga per botol dari sirup ini pun cukup murah yaitu sekitar Rp 23.000 – Rp 25.000. Siropen Telasih ini cukup cocok diminum sore-sore ditemani dengan Almond Crispy Cheese.

5. Krupuk Ikan Kanjeran

Krupuk Ikan Kanjeran

Oleh-oleh Khas Surabaya berikutnya adalah krupuk ikan kanjeran. Surabaya memang dikenal dengan hasil lautnya yang melimpah khususnya di pantai Kanjeran sehingga masyarakat yang kreatif membuat berbagai macam olahan seperti krupuk ikan. Kerupuk ini sendiri dijual dalam keadaan mentah dan juga siap santap sehingga anda bisa membeli keduanya. Kerupuk sendiri terdiri atas beragam warna sesuai dengan bahan utamanya seperti hitam untuk kerupuk cumi, hijau untuk kerupuk rumput laut, dan cokelat untuk kerupuk kerang.  Untuk harga oleh-oleh ini sendiri cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 15.000 – Rp 300.000 per kilogram.

Lihat juga : 10 Oleh-Oleh Khas Thailand Yang Wajib Dibawa Pulang

6. Souklat

Souklat

Jika dilihat dari namanya saja, oleh-oleh khas dari Surabaya ini tentunya sudah diketahui yaitu berbahan dasar cokelat. Nama Souklat ini sendiri diambil dari kebiasaan orang Surabaya yang sering menambah huruf ‘U’ pada kata. Oleh-oleh yang satu ini sendiri terdiri atas banyak varian mulai dari dark chocolate crispy, dark chocolate cookies, milk chocolate crispy, dark chocolate cookies mete, premium cokelat, cokelat jahe, dan cokelat kopi. Anda yang ingin mendapatkan oleh-oleh ini anda bisa datang ke Jl. Gubeng Kertajaya VII C Surabaya.

7. Guna-guna snack

Guna-guna snack

Siapa sangka jika keripik singkong dan keripik kentang yang sederhana bisa dikemas menjadi buah tangan yang cukup menarik. Guna-guna snack ini mampu menghasilkan sensasi yang berbeda pada jajanan tersebut. Disini, anda bisa mencicipi keripik singkong sambal balado yang akan membuat lidah anda ketagihan untuk mencicipinya. Selain itu, disini juga ada pilihan lainnya yang bisa dibawa pulang seperti baso goreng, samosa, keripik buah naga dan lain sebagainya yang bisa dibuat oleh-oleh dengan harga yang terjangkau.

8. Keripik buah kane-kane

Keripik buah kane-kane

Keripik buah kane-kane sendiri merupakan salah satu oleh-oleh khas yang berasal dari Jawa Timur dimana buah-buahan menjadi bahan utama pembuatan keripik. Kane-kane ini sendiri sudah memiliki banyak varian rasa mulai dari keripik apel, mangga, salak pondoh, nanas, nangka, pepaya, dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga olahan baru dimana rasa keripik tersebut dipadu seperti perpaduan keripik mix dari buah salak, apel, dan nangka.  Dengan begitu, anda bisa memilih sesuai dengan buah kesukaan anda.

9. Jenang dan sirup Mangrove

Jenang dan sirup Mangrove

Biasanya bakau atau mangrove hanya dijadikan sebagai pemandangan pohon disamping pantai saja akan tetapi jika anda datang ke Surabaya, anda bisa mendapatkannya dalam bentuk jenang dan sirup. Tentunya sangat unik bukan jika anda mengkonsumsi mangrove. Jenang mangrove ini sendiri berwarna cokelat dengan tekstur kenyal dan berasa legit. Jenangnya sendiri biasanya dibungkus oleh pelepah pisang yang sudah kering. Sedangkan untuk sirup mangrove, rasanya cenderung asam manis dan segar saat disajikan dalam kondisi dingin. Sirup ini sendiri dipercaya mengandung vitamin A, dan C serta yodium yang merupakan antioksidan bagi tubuh.

10. Kaos Cak Cuk

Kaos Cak Cuk

Sedangkan buah tangan khas Surabaya yang terakhir adalah kaos Cak Cuk yang menjadi ikon Surabaya. Untuk oleh-oleh satu ini merupakan sebuah distro yang telah berdiri sejak tahun 2005. Sama seperti Joger di Bali dan Dagadud di Jogja, kaos ini juga memiliki desain kreatif dengan gambar dan tulisan-tulisan khas anak muda yang sangat menarik

Itulah kesepuluh Oleh-oleh Khas Surabaya yang bisa anda dapatkan ketika berkunjung di kota Pahlawan. Sayang sekali jika anda menyambangi Surabaya dan tidak membeli salah satu dari oleh-oleh yang telah disebutkan diatas.

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *