10 Oleh-oleh Khas Solo yang Terkenal Enak & Tahan Lama

3 min read

Solo adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah dan kota ini sendiri dekat dengan Yogyakarta. Tidak sampai disitu saja, seperti Yogyakarta, Solo juga menjadi salah satu tempat destinasi wisata bagi orang yang berasal dari berbagai pulau dan Jawa itu sendiri. Oleh karena itu, apabila anda sedang mengunjungi tempat ini untuk berwisata maupun untuk keperluan lain, ada baiknya jika anda membeli oleh-oleh nan lezat dan tahan lama untuk buah tangan orang-orang dirumah. Oleh-oleh Khas Solo cukup banyak anda jumpai dan seperti daerah-daerah lainnya, oleh-oleh khas disini juga menarik, terlebih jika anda menyukai makanan-makanan khas suatu daerah. Tentu anda wajib mencicipi dan membelinya sebagai oleh-oleh.

Oleh-Oleh khas solo yang wajib dibawa ketika Pulang

Anda yang sedang berada di Solo dan ingin mencari buah tangan untuk keluarga anda yang ada dirumah, berikut ini kami akan memberikan referensi oleh-oleh yang wajib anda bawa. Oleh-oleh tersebut memiliki cita rasa yang cukup enak untuk ukuran jajanan atau makanan dan bisa tahan lama sehingga anda tidak perlu khawatir basi ketika sudah sampai dirumah.

1. Serbat Jahe Solo

Serbat Jahe Solo
Serbat jahe Solo merupakan salah satu oleh-oleh khas dari Solo yang berupa minuman tradisional. Minuman tradisional ini sendiri sudah banyak yang dijual dalam bentuk tablet yang bisa langsung diminum setelah anda melarutkannya kedalam air panas terlebih dahulu. Bentuknya yang cukup simpel, tentu akan memudahkan anda ketika ingin membawanya pulang. Selain itu, karena sudah berada didalam tablet, minuman ini juga bisa tahan lama dan sangat praktis ketika anda ingin meminumnya. Rasanya cukup enak dengan kombinasi rasa pedas dan hangat karena terbuat dari campuran rempah-rempah meliputi jahe, serai, merica, kemiri, dan daun adas pulowaras. Untuk harganya juga bisa dibilang cukup murah hanya Rp 5.000 per bungkusnya.

2. Rambak Petis Sapi

Rambak Petis Sapi
Sedangkan oleh-oleh kedua yang patut anda bawa adalah rambak petis sapi. Jika pada umumnya rambak masih perlu diolah menjadi masakan sebelum dapat disantap maka rambak petis sapi ini sangat pas untuk dijadikan camilan. Rambak petis sapi ini sendiri merupakan kerupuk yang terbuat dari kulit sapi dan biasanya disantap dengan sambal petis yang terbuat dari bahan kaldu sapi dan rempah-rempah. Dengan cita rasanya yang khas, maka sangat cocok sekali bagi anda yang ingin membawa oleh-oleh khas ini untuk orang-orang dirumah. Harganya pun cukup terjangkau hanya Rp 20.000 untuk seperempat kilogramnya.

Lihat juga :  10 Oleh-Oleh Khas Batam Yang Paling Disukai Wisatawan

3. Kue mandarin

Kue mandarin
Kue mandarin merupakan salah satu oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang karena bisa bertahan cukup lama untuk anda simpan. Roti ini sendiri sangat enak dengan tekstur yang sangat lembut. Aromanya pun cukup wangi sehingga tidak heran jika banyak wisatawan yang bertandang ke Solo memburu roti ini. Bentuk dari roti ini sendiri mirip seperti roti lapis namun memiliki perbedaan pada warnanya dimana roti ini hanya memiliki dua warna lapis roti yaitu kuning dan cokelat. Roti ini pun memiliki berbagai macam varian rasa mulai dari original hingga yang berlapis nanas.

4. Ampyang

Ampyang
Oleh-oleh satu ini merupakan cemilan yang berbahan dasar gula merah dan kacang tanah dan sangat cocok sebagai oleh-oleh. Rasanya sendiri cukup unik dan menyerupai gula-gula dengan aroma jahe yang menyegarkan. Adapun ciri khas yang bisa anda dapatkan pada oleh-oleh yang satu ini adalah bentuknya yang bulat dengan kacang tanah yang menyempul.

5. Intip khas Solo

Intip khas Solo
Adapun Oleh-oleh Khas Solo selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah intip khas solo. Intip sendiri dalam bahasa Jawa merupakan sebutan untuk kerak nasi. Intip dari Solo ini sendiri terbuat dari sisa liwetan nasi dibagian dasar panci yang telah mengering. Kemudian kerak nasi tersebut dijemur dan digoreng hingga kering. Namun, sekarang makanan ini telah diolah menjadi lebih kekinian dengan berbagai varian rasa. Oleh-oleh ini sendiri bisa bertahan cukup lama dan memiliki harga yang cukup terjangkau hanya sekitar Rp 7.500 hingga Rp 10.000 saja per 300 gramnya.

6. Klengkam

Klengkam
Klengkam merupakan sejenis makanan pelengkap makanan pokok. Makanan ini sendiri bisa kita sebut kentang dan sangat pas ketika disajikan bersama nasi ataupun makanan pokok lainnya sebagai lauk. Klengkam sendiri terbuat dari kentang yang diberi bumbu rempah sehingga membuatnya memiliki cita rasa yang sangat nikmat dan gurih. Untuk menemukan oleh-oleh satu ini sendiri juga tidak terlalu sulit di Solo karena bisa ditemukan diberbagai toko oleh-oleh Solo.

7. Abon Mesran Solo

Abon Mesran Solo
Buah tangah khas dari Solo selanjutnya adalah Abon Mesran Solo. Abon ini sendiri bisa dijadikan sebagai lauk maupun cemilan yang sangat nikmat untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Abon ini sendiri terbuat dari daging sapi maupun daging ayam sehingga anda bisa memilihnya. Selain itu, anda juga bisa memilih rasa abon yang satu ini bisa rasa manis, ataupun rasa pedas. Cita rasa abon ini sangat lezat terlebih jika anda menyantapnya dengan nasi hangat.

Lihat juga: Oleh-oleh khas jakarta favorit

8. Brem Khas Solo

Brem Khas Solo
Brem merupakan olahan dari air tape yang dihasilkan dari peraginan ketan. Air tape ini sendiri bisa diolah menjadi berbagai bentuk ada yang cair, padat dan kepingan. Brem Wonogiri sering dikenal sebagai Brem Solo yang merupakan makanan tradisional dengan cita rasa khas ketika telah menyentuh lidah. Oleh-oleh ini sendiri bisa bertahan lama dan memiliki ciri-ciri bentuk berupa kepingan padat, dengan cita rasa dingin, manis dan sedikit asam. Teksturnya juga sangat mudah larut ketika sudah ada didalam mulut yang membuat anda ketagihan untuk mencicipinya.

9. Roti Kecik Ganep’s Khas Solo

Roti Kecik Ganep's Khas Solo
Roti kecik ganep merupakan kue tradisional khas solo yang sudah ada sejak tahun 1881. Rasa roti ini sendiri dari pertama kali roti dibuat hingga sekarang masih menggunakan resep dan cara yang sama yaitu dengan cara disangrai. Karena pembuatan roti ini disangrai, maka roti ini memiliki tingkat kolesterol yang rendah. Bentuknya sendiri lonjong sebesar kelingking orang dewasa dan bisa bertahan cukup lama. Roti ini sangat pas untuk disantap saat sore hari sebagai cemilan pelengkap teh maupun kopi.

10. Serundeng

Serundeng
Adapun oleh-oleh khas dari Solo yang terakhir adalah srundeng.  Srundeng sendiri memiliki bentuk yang cukup mirip dengan abon dan sama-sama berwarna cokelat karena digoreng dan berbentuk serpihan kecil. Perbedaan yang mendasar antara srundeng dan abon adalah bahan pembuatnya. Jika abon dibuat dari daging, maka serundeng ini terbuat dari bahan parutan kelapa. Srundeng khas solo ini bisa menjadi oleh-oleh yang unik dan praktis yang bisa anda konsumsi sebagai cemilan maupun sebagai lauk pauk tambahan.

Demikianlah kesepuluh Oleh-oleh Khas Solo yang wajib anda bawa pulang ketika sedang berada di Solo. Oleh-oleh tersebut cukup beragam dan unik mulai dari rasa hingga bentuk. Oleh karena itu, anda bisa memilihnya sebagai buah tangan untuk orang-orang dirumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *