10 Oleh-oleh Khas Lampung Selain Keripik Pisang Coklat

3 min read

oleh oleh khas lampung

Lampung terkenal dengan oleh-oleh khasnya yaitu keripik pisang cokelat. Namun bukan berarti makanan ini menjadi satu-satunya oleh-oleh kuliner yang bisa kalian beli dari Lampung. Ada banyak lagi oleh-oleh khas Lampung berupa makanan yang sangat cocok kalian bawa pulang dan dinikmati bersama keluarga di rumah.

Oleh-oleh Makanan Terbaik Khas Lampung

Berbicara masalah oleh-oleh makanan khas Lampung, ada banyak sekali pilihan untuk kalian beli. Selain keripik pisang cokelat, berikut beberapa pilihan terbaik untuk dicoba.

1. Pie Pisang

Pie Pisang

Makanan ini bentuknya garing diluar tapi lembut di dalam. Isian dari kue pie ini sangat unik yaitu pisang dengan tambahan susu. Itulah kenapa pie ini juga sering disebut pie susu pisang. Ada empat pilihan rasa yang tersedia. Selain cokelat, ada juga rasa oreo, keju, dan kacang almond. Jika kalian tertarik dengan oleh-oleh makanan ini, kalian bisa memilih rasa sesuai selera. Harganya bervariatif namun tetap terjangkau, mulai dari 5 ribuan sampai 8,5 ribuan rupiah. Ada banyak toko oleh-oleh yang menjual kue pie ini. Misalnya ada di jl. Jenderal Sudirman, jl. Pagar Alam, jl. Dahlia Rawa Laut, dll.

2. Manisan Buah

Manisan Buah

Manisan buah juga sangat cocok untuk oleh-oleh dari Lampung. Seperti namanya, jajanan ini memang rasanya manis. Bahan utamanya adalah buah-buahan. Cara pembuatannya sangat mudah yaitu dengan memotong-motong buah kemudian dimasukkan ke larutan gula pasir. Manisan buah ini bisa bertahan cukup lama dan rasanya juga tetap terjaga. Ada banyak sekali toko yang menjajakan manisan buah untuk oleh-oleh. Rasanya pun bervariasi tergantung buah yang digunakan. Beberapa contohnya adalah mangga, pepaya, salak, dll. Harganya sangat terjangkau. Kalian hanya perlu merogoh kocek sekitar 13 ribu rupiah untuk membeli manisan buah seberat ¼ kg.

Lihat juga : 10 Oleh-oleh Khas Manado Berbentuk Barang dan Makanan

3. Bakso Sony

Bakso Sony

Bakso Sony juga termasuk salah satu oleh-oleh kuliner khas Lampung. Bakso ini sangat populer bagi masyarakat Lampung. Bahan yang digunakan adalah daging urat sapi pilihan dengan label halal MUI. Yang menarik adalah daging sapi yang digunakan lebih banyak daripada tepungnya. Tak heran jika rasa daging sapinya terasa banget. Apalagi ditambah bumbunya yang khas membuat bakso ini semakin mantap. Untuk menikmati bakso Sony, kalian tak perlu susah-susah mencarinya karena ada setidaknya 17 cabang di Lampung. Umumnya, 1 mangkok bakso Sony berisi 7 buah bakso dengan harga sekitar 15 ribu rupiah. Dalam penyajiannya, ditambahkan juga mie bihun, mie kuning, lemak, serta kuah.

4. Lapis Legit

Lapis Legit

Kue tradisional ini adalah hasil akulturasi Belanda, Portugis & Indonesia. Jika kita mengenalnya dengan istilah lapis legit, di Lampung ada nama sendiri untuk kue ini yaitu spekoek. Beberapa bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah seperti tepung terigu, mentega, telur ayam, dll. Disebut kue lapis legit karena memang bentuknya berlapis-lapis dan teksturnya legit. Jika sudah dimasukkan ke dalam mulut, dijamin akan membuat penikmatnya ketagihan. Kue ini sering dijadikan makanan untuk suguhan tamu. Harganya bervariatif tergantung ukuran dan rasanya. Tapi dibanding dengan lapis legit dari daerah lain, lapis legit khas Lampung jauh lebih enak dan tentu saja lebih mahal.

5. Dodol Pandan

Dodol Pandan

Jika Garut punya dodol Garut, Lampung punya olahan dodol yang khas yaitu dodol pandan karena menggunakan campuran pandan. Pandan tersebut membuat aromanya wangi khas. Dengan aroma dan cita-rasanya yang khas, dodol pandan semakin digemari banyak orang. Tak heran makanan ini sering dijadikan oleh-oleh khas Lampung. Selain rasa dan aromanya yang khas, dodol pandan juga memiliki ukuran yang lebih besar dibanding dodol Garut. Harganya sekitar 20 sampai 27 ribuan rupiah. Penasaran dengan rasanya? Jangan lupa beli dodol pandan saat jalan-jalan ke Lampung.

6. Kerupuk Udang

Kerupuk Udang

Jika kalian berkunjung ke Lampung Barat, kalian akan menemukan makanan khas kerupuk udang. Kerupuk ini dibuat dari gilingan daging udang yang dicampur tepung terigu. Ditambah lagi dengan resep bumbunya yang membuat kerupuk udang begitu gurih menggoda selera. Umumnya, kerupuk udang dijual sekitar 30 ribuan rupiah untuk 15 gramnya. Cukup murah, bukan? Masalah rasa, tak perlu ditanya lagi. Untuk membeli kerupuk udang, ada banyak toko oleh-oleh yang menjualnya. Bukan hanya di Lampung Barat, namun juga di seluruh penjuru Lampung.

7. Keripik Singkong

Keripik Singkong

Ini adalah cemilan yang cukup melegenda di nusantara. Keripik singkong memiliki rasa yang unik dengan campuran rasa pedas dan manis yang pas. Keripik singkong ini dibuat dari ubi berkualitas dan sudah mendapat izin. Ada 2 varian rasa yang tersedia. Pertama adalah sambal merah / balado dan kedua adalah rasa cabai hijau. Biasanya, satu kemasan memiliki berat 250 hingga 425 gram dengan harga sekitar 26 ribu rupiah. Salah satu merk paling populer adalah Cap Salam. Yang jelas, keripik singkong juga menjadi salah satu oleh-oleh jajanan khas Lampung paling banyak diburu.

8. Kerupuk Ikan Tenggiri

Kerupuk Ikan Tenggiri

Selanjutnya, ada kerupuk tenggiri yang juga sangat digemari di Lampung. Dibuat menggunakan tepung terigu dicampur bahan tertentu, cita rasanya sangat khas dan nikmat. Rasa ikan tenggirinya memberikan kesan tersendiri. Karena itulah harganya cukup mahal dibanding kerupuk-kerupuk lain pada umumnya. Tapi rasanya tak akan mengecewakan. Bahan-bahan yang digunakan adalah tepung terigu, ikan tenggiri, serta rempah-rempah seperti gula pasir, soda kue, ketumbar, telur, dan bawang putih. Untuk kemasa 200g, harganya sekitar 20 hingga 30 ribuan rupiah. Kerupuk ini sangat cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh di rumah. Sangat nikmat sebagai cemilan di rumah bersama keluarga.

9. Kerupuk Cumi

Kerupuk Cumi

Masih seputar kerupuk, ada lagi kerupuk yang identik dengan Lampung yaitu kerupuk cumi. Jika cumi biasanya dijadikan makanan, di Lampung cumi juga dijadikan kerupuk. Rasanya sangat enyak dan gurih. Karena menggunakan cumi, kerupuk ini mengandung banyak nutrisi. Bahan lain yang digunakan adalah tepung terigu, garam, dll. Kandungan nutrisi yang dihasilkan adalah 17% protein, vitamin B, asam amino, dan omega 3. Sangat baik untuk pertumbuhan anak dan otot. Jika kalian tertarik, harganya berkisar sekitar 26 ribu untuk 150g-nya.

10. Sambal Terasi

Sambal Terasi

Meski hanya sebagai pelengkap makanan, sambal sudah mendarah daging di Indonesia. Salah satu sambal paling enak dan populer adalah sambal terasi yang menjadi khas Lampung. Dinamakan sambal terasi karena sambal ini dibuat dengan cabai dan terasi. Ada banyak toko oleh-oleh yang menjajakan sambal terasi. Misalnya, kalian bisa mengunjungi Sambal Terasi Lampung Cam Udang 88. Untuk berat 250g, harga pasarannya sekitar 35 ribu rupiah. Ingin membeli oleh-oleh khas Lampung ini? Langsung saja datang ke jalan Ikan Kakap nomor 86 Pesawahan. Dengan sambal terasi, kalian bisa menyantap makanan dengan lebih puas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *