Asik Tour Asik tour memberikan informasi lengkap dan akurat mengenai tempat wisata favorit yang ada di indonesia dan asia serta menyediakan paket liburan ke berbagai kota di indonesia dan asia. Selain itu kami juga melengkapi sarana dan prasarana berupa transportasi sewa mobil, bus, motor, voucher hotel untuk kenyamanan liburan Anda.

10 Oleh-oleh Khas Aceh yang Wajib Anda Bawa Pulang

3 min read

oleh-oleh khas aceh

Kota yang dikenal sebagai serambi mekah ini menjadi kota islam tertua di asia tenggara. Inilah yang membuat aceh istimewa dibandingkan provinsi lainnya. Begitu banyak hal unik yang bisa ditemukan disini. Tidak hanya tempat wisata yang menarik, seperti wisata sejarah, museum tsunami, wisata alam dan lainnya. Saat berlibur ke aceh belum lengkap tanpa berburu oleh-oleh khas. Begitu banyak oleh-oleh khas aceh yang bisa anda bawa pulang, dari makanan sampai aksesoris khas aceh. Berikut ini 10 oleh-oleh khas aceh yang paling berkesan untuk wisatawan.

Daftar Oleh-oleh Khas Aceh

Berikut ini daftar oleh-oleh dari aceh yang wajib anda beli saat liburan ke kota serambi mekah.

1. Perhiasan Pinto Aceh

perhiasan

Aceh terkenal dengan perhiasan khasnya. Sering digunakan saat memakai pakaian adat aceh. Salah satunya adalah perhiasan pinto aceh. Perhiasan ini pertama kali dibuat oleh mahmud ibrahim, seorang ahli pandai besi. Ia terinspirasi dari monumen peninggalan raja aceh. Perhiasan ini memiliki corak yang sangat indah. Bahkan dulu hanya orang tertentu saja yang bisa membuatnya. Proses pembuatannya pun harus hati-hati dan teliti. Kini sudah banyak toko yang menjualnya. Jika mencari di pusat oleh-oleh khas aceh, pasti sangat mudah ditemukan.

2. Songket Aceh

kain songket aceh

Songket merupakan kain tradisional khas indonesia. Hampir di setiap rumpun melayu pasti memilikinya. Termasuk aceh, yang terkenal dengan motif songket aceh yang indah. Proses pembuatannya pun masih menggunakan alat kayu tradisional. Di tenun membentuk motif dan warna yang diinginkan. Harga songket aceh bervariasi, dari ratusan ribu sampai jutaan. Semakin lama proses pembuatan, semakin rumit motifnya akan semakin mahal pula harganya. Saat berlibur ke aceh, jangan lupa untuk membelinya sudah banyak toko yang menjualnya.

Lihat Juga : 10 Oleh-Oleh Khas Bandung Yang Sangat Terkenal

3. Kupiah Meukeutop

Kupiah Meukeutop

Kupiah meukeutop masih dijaga tradisiinya dengan baik oleh masyarakat aceh. Kupiah ini digunakan oleh mempelai pria saat pernikahan. Dulunya kupiah ini hanya digunakan oleh para bangsawan atau pembesar istana. Tetapi kini sudah banyak yang menjualnya, bahkan dijadikan oleh-oleh khas aceh yang wajib dimiliki. Kupiah ini memiliki filisofi yang sangat bagus. Dibagi menjadi empat bagian yang melambangkan adat, hukum, reusam dan qanun. Bentuknya tinggi dan memiliki warna yang lebih cerah dibandingkan kupiah lainnya. Bentuk kopiah ini memang berbeda dengan kopiah pada umumnya. Menjadikan ciri khas sendiri dibandingkan kopiah tempat lain. Jadi tidak ada salahnya untuk memiliki satu kupiah khas aceh ini.

4. Kopi Aceh

kopi aceh

Ke aceh tanpa mencicipi kopinya pasti kurang lengkap. Aceh sangat terkenal dengan produksi kopinya. Menjadi salah satu penghasil kopi terbesar di indonesia. Bahkan kopi aceh sudah terkenal sampai ke penjuru dunia. Ada kopi robusta dan arabica. Kopi aceh memiliki cita rasa yangsangat enak, berbeda dengan kopi pada umumnya. Beberapa jenis kopi yang paling popular adalah kopi gayo, kopi ulee kareng dan kopi takengon.Apalagi masyarakat aceh terkenal dengan warung kopinya. Anda bisa mencicipi langsung di warung kopi atau membawa pulang. Karena sangat mudah untuk mendapatkan kopi khas aceh ini. Untuk mendapatkan pengalaman yang seru, datanglah langsung ke perkebunan kopi di aceh dan nikmati langsung secangkir kopi disana. Anda juga bisa melihat proses pembuatan kopi sampai siap dijual.

5. Keukarah

Keukarah

Oleh-oleh khas aceh selanjutnya adalah keukarah. Cemilan ini sering dihidangkan bersama satu gelas kopi. Memiliki rasa yang renyah dan manis. Sangat cocok dipadukan dengan kopi yang pahit. Makanan ringan ini terbuat dari tepung beras. Bentuknya sangat unik, seperti jaring-jaring yang berwarna cokelat. Proses pembuatannya cukup rumit, karena harus dicetak supaya berbentuk bulat sempurna. Banyak toko oleh-oleh khas aceh yang menjualnya, jadi tidak bingung mencarinya. Harganya pun sangat terjangkau, cocok dijadikan oleh-oleh keluarga di rumah.

6. Batik Aceh

batik aceh

Selain memiliki songket, aceh juga memiliki batik aceh. Motif batik aceh berbeda dengan motif batik di daerah lainnya. Ada motif rencong, bunga jempa, pucuk rebung, awan bergerak, gayo, pintu aceh dan masih banyak lainnya. Sebagian besar batik aceh identik dengan warna merah dan emas. Setiap motifnya memiliki arti yang berbeda-beda. Untuk batik tulis, memiliki harga mencapai jutaan. Hal ini dikarenakan proses pembuatan yang lama.

7. Sulam Kasab

Sulam Kasab

Sulam kasap merupakan kerajinan sulam asal aceh, yang sering dibuat pada aksesoris rumah tangga. Seperti payung, tudung saji, hiasan pintu, hiasan dinding, penutup meja dan masih banyak lainnya. Ibu-ibu pasti suka melihat sulam kasap ini. Karena sangat cantik dan bagus. Ada beberapa yang dibuat pada kerudung, mukena dan lainnya. Proses pembuatan sulam ini masih menggunakan tangan, sehingga hasilnya benar-benar bagus. Bentuknya pun unik-unik, ada yang berbentuk daun, burung, bunga dan lainnya. Di setiap toko souvenir aceh pasti ada yang menjualnya, dengan harga yang bervariasi.

8. Ayam Tangkap

Ayam Tangkap

Kuliner khas aceh ini wajib dicoba saat berlibur ke aceh. Bahkan anda bisa membawa pulang untuk oleh-oleh. Ayam tangkap bukan berarti anda harus menangkap ayam. Ayam tangkap merupakan ayam kampung yang digoreng, kemudian dimasak dengan rempah-rempah, kari ayam dan daun pandan. Memberikan cita rasa yang berbeda dengan olahan ayam kampung lainnya. Memiliki rasa gurih, pedas, manis yang enak. Makanan ini dibungkus dengan baik, sehingga bisa dibawa ke luar kota. Harga perbungkusnya sekitar Rp 60.000.

9. Dendeng Aceh

dendeng aceh

Dendeng aceh menjadi oleh-oleh yang banyak diburu wisatawan. Mungkin anda berpikir, dendeng aceh sama dengan dendeng lainnya. Memang sama-sama terbuat dari daging sapi yang di iris tipis. Tetapi cita rasa yang diberikan sangat berbeda. Dendeng aceh ini lebih kaya rempah-rempah. Memiliki rasa manis, asin dan kari. Bisa tahan sampai berminggu-minggu, jadi cocok untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Untuk membeli dendeng aceh datanglah ke jalan chik ditiro atau di pasar aceh peunayong. Dendeng aceh ini sangat enak di makan dengan nasi putih hangat dan sambal.

10. Kopiah Riman

Kopiah Riman

Selain kopiah meukeutop, di aceh juga terdapat kopiah rimah. Bentuknya lebih kecil dan berbeda dibandingkan meukeutop. Kopiah riman inilebih umum digunakan oleh masyarakat aceh. Bahkan hampir semua pria di aceh, menggunakan kopiah model ini. Terbuat dari bulu ijuk yang direndam. Selanjutnya dibentuk menjadi kopiah yang indah. Yang unik kopiah ini dikelilingi oleh motif khas aceh. Untuk mendapatkan kopiah ini datanglah ke daerah pidie.

Sebenarnya masih banyak oleh-oleh khas aceh yang bisa anda bawa pulang. Seperti kaos, dompet, tas, dan berbagai makanan khas lainnya. Untuk mendapatkan oleh-oleh pun semakin mudah, karena banyak toko aksesoris atau toko pusat oleh-oleh disana. Di pusat kotanya pun banyak sekali, ditempat-tempat wisata atau di pasar. Bahkan kini banyak yang melayani pembelian online. Jadi tidak perlu jauh-jauh ke aceh anda tetap bisa memilikinya. Kita memang harus menjaga tradisi bangsa, dengan melestarikan produk lokal dan buatan negeri sendiri. Sehingga mampu bersaing dengan negara lain.

Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Asik Tour Asik tour memberikan informasi lengkap dan akurat mengenai tempat wisata favorit yang ada di indonesia dan asia serta menyediakan paket liburan ke berbagai kota di indonesia dan asia. Selain itu kami juga melengkapi sarana dan prasarana berupa transportasi sewa mobil, bus, motor, voucher hotel untuk kenyamanan liburan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *