10 Makanan Khas Sunda Paling Terkenal Enak dan Unik

makanan khas sunda

Sunda merupakan salah satu suku yang terletak di Pulau Jawa bagian barat tepatnya di Provinsi Jawa Barat. Berbicara makanan khas Sunda masyarakat banyak yang berfikir bahwa makanan khas daerah ini didominasi oleh makanan manis. Jangan salah dulu, ternyata Sunda juga menyimpan beberapa makanan dengan cita rasa lain seperti gurih, asam segar serta pedas yang menggigit.

Makanan khas Sunda ini ternyata memiliki banyak penggemar hampir di seluruh wilayah Indonesia salah satunya di masyarakat yang menempati Pulau Jawa. Sebagian besar kuliner dari tanah Sunda ini banyak yang menggunakan sayuran sebagai bahan dasarnya. Jika kamu penasaran dengan beberapa jenis makanan khas Sunda maka bisa melihat uraian kuliner khas Sunda berikut ini.

10 Daftar Makanan Khas Sunda

1. Nasi Liwet

nasi liwet

Nasi liwet merupakan salah satu jenis makanan yang sudah tidak asing lagi di masyarakat. Terdapat dua jenis nasi liwet, yaitu nasi liwet khas Solo yang satunya khas Sunda. Kedua jenis nasi liwet ini memiliki perbedaan. Jika di Solo nasi liwet terbuat dari santan dengan labu siam sedangkan jika di Sunda cara memasak tanpa menggunakan santan.

Nasi liwet khas Sunda memiliki rasa yang gurih meskipun tanpa menggunakan santan. Rasa gurihnya berasal dari serai, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jambal roti, daun kemangi serta daun salam.

2. Nasi Tutug Oncom

nasi tutug oncom

Mendengar namanya mesti anda semua berpikir jika makanan dari sunda ini merupakan makanan tradisional. Nasi tutug oncom ini merupakan sajian nasi yang sudah diaduk dengan menggunakan oncom goreng atau oncom bakar. Makanan satu ini paling nikmat dihidangkan ketika sedang hangat-hangatnya.

Lihat juga : 10 Makanan Khas Sumatera Utara Beserta Penjelasannya

Sebenarnya nasi tutug oncom ini merupakan makanan khas Tasikmalaya. Makanan satu ini disebut dengan tutug dikarenakan dalam bahas Sunda tutug memiliki arti menumbuk.

3. Karedok

karedok

Di Jakarta terdapat banyak sekali penjual karedok, sehingga banyak orang mengira jika karedok berasal dari Jakarta. Padahal bukan, karedok merupakan makanan khas Sunda yang memiliki bentuk yang mirip dengan gado-gado. Karedok ini disajikan dengan beragam jenis sayuran serta saus kacang yang siap menggugah selera.

Jenis sayuran yang digunakan juga sangat beragam diantaranya timun, tauge, kacang-kacangan, terong hijau kecil, kubis, basil serta beberapa jenis sayuran lainnya.

Baca juga : 10 Makanan Khas Sumatera Barat dan Penjelasannya

4. Lotek

lotek

Masih dengan makanan dengan sayur-sayuran, jenis makanan khas Sunda satu ini mirip dengan cara membuat pecel Jawa. Lotek menjadi salah satu jenis makanan khas Sunda yang banyak digemari masyarakat. Jika kamu sedang berada di Jawa Barat jangan sampai melewatkan makanan lezat satu ini.

Lotek merupakan makanan yang dibuat dengan menggunakan sayur mayur yang tidak jauh berbeda dengan gado-gado. Sayur mayur yang sudah dicacah tersebut kemudian disiram dengan menggunakan bumbu kacang yang sudah dicampur dengan menggunakan kentang rebus kemudian ditumbuk dengan kencur sehingga akan mendapatkan rasa lebih unik.

5. Pepes

pepes

Sebagian besar orang mengira jika pepes adalah nama makanan, padahal pepes adalah teknik dalam memasak makanan yang banyak ditemukan di seluruh penjuru Indonesia. Di daerah Sunda, pepes dikenal dengan nama pais. Pada dasarnya pepes atau pais ini merupakan sajian yang dibungkus atau dibakar sampai matang.

Di Sunda, terdapat beberapa jenis pepes. Mulai dari pepes ayam, pepes daging sapi, pepes ika asin pepes teri hingga pepes tahu dan masih banyak beragam jenis pepes lainnya.

6. Bakakak Hayam

bakakak hayam

Bakakak Hayam merupakan menu unggulan yang mudah ditemukan di tanah sunda. Sebagian besar orang mengira nama makanan ini lucu dan khas. Bakakak Ayam ini merupakan jenis masakan yang menggunakan bahan utama ayam yang sudah diberikan bumbu khusus dengan cita rasa Sunda yang kemudian diolah dengan cara dipanggang. Ayam yang disajikannya satu ekor ayam utuh sehingga bisa disantap dengan beberapa orang sekaligus.

Menu makanan satu ini bisa disajikan dengan menggunakan dua jenis sambal yaitu sambal merah dan sambal hijau. Selain sambal Bakakak ayam juga lebih nikmat manakala dinikmati dengan menggunakan lalapan sayur.

7. Empal Gepuk Daging Sapi

empal daging sapi

Empal Gepuk daging sapi merupakan makanan yang sudah sangat terkenal di Sunda, Jawa Barat. Makanan ini menjadi salah satu jenis makanan wajib yang ada di restoran Sunda. Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari sayatan daging sapi yang sudah dipukul dan dimasak dengan menggunakan lumuran bumbu rasa manis.

Setelah daging gepeng serta dibumbui maka proses selanjutnya yaitu dengan mengungkap daging sampai bumbu meresap hingga ke serat daging. Daging yang sudah diungkapkan ini bisanya memiliki tekstur yang empuk.

8. Soto Bandung

soto bandung

Bandung memiliki makanan yang cukup terkenal yaitu soto Bandung. Bagi mereka yang sudah pernah berkunjung ke kota Bandung tentu sudah tidak asing dengan makanan satu ini. Soto bandung menggunakan tetelan daging sapi sebagai bahan utamanya. Bumbu yang digunakan antara lain jahe, lengkuas, serai, gulai,, garam serta beberapa bumbu halus lainnya. Penyajian soto Bandung biasanya dilakukan dengan menaruh dalam mangkuk kemudian ditambahkan dengan beberapa bahan pelengkap seperti irisan lobak yang sudah direbus, daun seledri, daun bawang, kacang kedelai goreng serta bawang goreng. Bukan hanya itu saja orang-orang juga bisa menambahkan sambal, jeruk nipis serta kecap manis agar rasanya semakin lezat.

9. Mie Kocok

mi kocok

Sunda ternyata juga memiliki mie yang menjadi favorit banyak orang. Mie kocok namanya. mie kocok ini menggunakan mie kuning sebagai bagan dasar pembuatan mie yang kemudian dihidangkan dengan kaldu sapi. Makanan jenis ini banyak ditemukan di kawasan Bandung. Mie Kocok secara umum disajikan dengan menggunakan tauge yang sudah direbus, bakso, irisan kikil, jeruk nipis serta taburan daun seledri, daun bawang dan bawang goreng.

Untuk diketahui, makanan ini diberi nama mie kocok karena dalam proses pembuatannya dengan cara mengocok-ngocok mie dalam wadah yang sudah dicelupkan dengan air panas. Untuk mendapatkan rasa yang lebih istimewa maka sebagian besar orang menggunakan kecap manis serta sambal di kaldunya.

10. Emal Gentong

empal gentong

Empal gentong ini berbeda dengan empal gepuk. Namun kedua jenis makanan khas Sunda tersebut sama-sama terbuat dari bahan utama daging sapi. Empal gentong termasuk jenis makanan yang banyak digemari masyarakat luas.

Empal gentong ini merupakan jenis makanan khas daerah Cirebon, Sunda, Jawa Barat. Makanan satu ini biasanya disajikan dengan kucai serta sambal yang terbuat dari cabai kering giling.

Empal gentong merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi dengan proses masak dengan menggunakan gentong. Empal gentong atau gulau daging sapi ini biasanya disajikan dengan menggunakan lontong atau nasi.

Nah inilah 10 makanan khas Sunda yang wajib untuk anda cicipi,. Selamat menikmati sajian khas nusantara yang menggoyang lidah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *